Selamat Datang di Zona Atmadilaga

"Setetes Tinta Mampu Melahirkan Sejuta Inspirasi"

Sabtu, 17 Oktober 2009

Penyambutan Mahasiswa/i baru FT. SipiL

Setiap tahunnya setiap mahasiswa/i baru yang diterima di FT. Sipil selalu disambut oleh mahasaiswa/i sebelumnya. Tentu saja penyambutan ini dengan tujuan yang baik, yaitu menjaga ikatan mahasiswa/i FT. Sipil Unila sebagai ikatan keluarga besar FT. Sipil Unila, juga membina mental para mahasiswa/i baru agar siap menghadapi dunia perkuliahan. Seperti halnya tahun ini, mahasiswa/i baru disambut dengan kegitan ospek dan makrab yang diadakan oleh panitia makrab jurusan Teknik Sipil yang telah diadakan pada tanggal 12 oktober 2009 yang lalu dan diresmikan dengan kegiatan pelantikan pada acara inegurasi mahasiswa/i baru yang akan diadakan seusai makrab.

Kegiatan-kegiatan ini bertujuan untuk membangun karakter mahasiswa/i Teknik sipil yang kuat, cerdas, kritis, berani dan bertanggung jawab, serta memiliki rasa kepedulian yang tinggi. Hal - hal ini dinilai sangat penting demi kemajuan bangsa pada umumnya dan bagi para peserta khususnya. Mahasiswa/i sebagai para penerus bangsa tentunya diharapkan memiliki mentalitas yang baik, karna nantinya para mahasiswa itulah yang akan menjadi tokoh - tokoh dalam masyarakat indonesia ini tentunya.

Pada kegiatan makrab tahun ini para mahasiswa sipil angkatan 2009 menyiapkan segala sesuatunya berkaitan dengan kegiatan ini sebagai panitia. Mereka berkerja full time selama kegiatan ini berlangsung. Pastinya sangat melelahkan, lebih melelahkan dibandingkan dengan peserta. Namun rasa kepedulian terhadap para adik - adik kami membuat mereka tidak memperdulikan lelah mereka dan rela untuk hampir tidak tidur selama 3 hari tersebut. Demi apa yang akan mereka berikan pada adik - adik kami. Selama kegiatan makrab ini berlangsung panitia sendiri mendafatkan pelajaran dalam hal berkoordinasi, bernegosiasi, kepemimpinan, dan manajemen dalam hal orang, waktu, dan uang. Maka tidak hanya peserta, namun panitia pun mendapatkan pembelajaran yang positif. Dalam hal ini senior pun tidak lepas dalam membina dan mengontrol adik - adiknya, membantu adik - adik kami dalam hal belajar dari pengalaman - pengalaman para senior sebelumnya, maka ke depannya diharapkan akan lebih baik dan jauh lebih baik.

Keberangkatan ke lokasi makrab berlangsung pada tanggal 12 Oktober 2009 yang lalu. Kegiatan makrab ini berlokasi di desa Wiyono.Dalam kegiatan Makrab ini, mahasiswa baru didorong dan dipacu untuk mengeluarkan potensi diri mereka. Dihadapkan dengan berbagai pilihan sulit agar nantinya mereka dapat menimbang dengan baik persoalan sebelum menentukan keputusan yang akan mereka buat. Simulasi - simulasi kehidupan yang sulit dihadapkan pada mereka dengan tujuan mereka dapat memahami apa yang harus mereka perbuat saat dihadapkan pada tekanan - tekanan dan kondisi yang tidak mereka harapkan, yang bahkan tidak pernah mereka bayangkan sebelumnya. Dalam acara ini juga diberikan game - game kecil untuk merangsang jiwa kritis dan keberanian mereka untuk tampil dan menyampaikan pendapat mereka, untuk bisa menilai apa yang tidak baik dan apa yang baik untuk kedepannya nantinya. Dan satu hal yang tentunya juga sangat penting, yaitu rasa kepedulian mereka. Para peserta ditanamkan rasa kebersamaan, dengan melewati suka duka bersama, selalu bersama dalam keadaan sulit atau pun senang agar mereka dapat saling mengerti apa yang dirasakan satu sama lain agar tumbuh rasa kepedulian pada diri mereka. Dan banyak poin - poin lainnya yang ditanamkan untuk melahirkan sosok mahasiswa yang berkarakter hebat dan handal. Para peserta terlihat sangat lelah pada saat acara berlangsung, terlihat beberapa diantara mereka kesal dan tidak tahan dengan kondisi - kondisi yang diberikan pada mereka, namun mereka terus dipacu agar menjadi lebih kuat karna jauh di depan sana kondisi sebenarnya akan jauh lebih sulit dan harus kita lewati, karna itu kita harus menjadi sosok yang kuat agar bisa terus bertahan dan bergerak maju dalam kondisi apapun. Pada akhir kegiatan ini cukup menyenangkan melihat senyum di wajah para peserta, wajah puas setelah melewati kegiatan yang sangat melelahkan ini. Rasa bangga muncul saat melihat kekompakan mereka dan keberanian mereka mengeluarkan pendapat dan berhasil melewati kegiatan ini. Saya harap acara ini sukses memberikan manfaat bagi mereka.

Gak cuma sampai disitu, selepas acara makrab dan inegurasi pun ikatan antar senior dan junior tidak lepas. Senior hadir sebagai sosok kakak di dunia kampuz yang terus membina dan membantu adik - adik nya dalam dunia perkuliahan. Nah disini yang seru, dalam jalannya proses ini ada juga lho para senior yang curi - curi kesempatan. kejar poin dalam Tebar pesona dan PDKT jadi bumbu dalam proses ini, maklum anak teknik terlalu sibuk dengan kuliah hingga masih banyak yang jomblo (May be). Terkadang persaingan ketat pun terjadi dalam perebutan sang adik, (he..he..). Ada trio yang selalu bersaing tiap tahunnya, juga para pejuang pantang menyerah, hingga para pejuang bawah tanah yang sulit terdeteksi. Tahun ini juga ada senior yang jadi deket selama makrab n jadian deh... Makrab berbuah cinta, he..he...Tahun ini para pejuang cinta para adik bungsu belum terlihat, entah tidak ada yang tertarik atau sedang menunggu waktu yang tepat, who knows... yang terpenting hubungan keluarga ini yang harus tercapai, dan tujuan makrab tetap tercapai dalam kondisi apapun. Mahasiswa teknik sipil yang kompak, cerdas, kritis dan berani serta cinta kampuz harus tetap exist pastinya..

Hidup Teknik!!!

Artikel Terkait:

0 comments:

Poskan Komentar

Follow by Email

Cari Blog Ini