Selamat Datang di Zona Atmadilaga

"Setetes Tinta Mampu Melahirkan Sejuta Inspirasi"

Senin, 28 Maret 2011

Yang terbaik adalah dengan 'Optimal' bukan 'Maksimal', got it!!!

Ini hanya sebuah idea, pola pikir, filosofi atau apapun namanya. Tulisan ini adalah hasil pemikiran dihadirkan dari pengalaman saya sebelumnya. Sebelumnya saya selalu berpikir untuk berkerja sebaik, secepat, serapih, dan semaksimal mungkin hingga saya lupa akan hal lain yang juga penting. Apa itu? Itu adalah kemampuan batasan atau limit. Tidak bisa kita pungkiri bahwa kita manusia memiliki apa yang disebut batas kemampuan. Sering kali tanpa kita sadari kita berkerja atau berpikir terlalu keras hingga melewati batas kemampuan kita. Dan alhasil kita kewalahan dan bukan tidak mungkin kita mengalami drop. Akibatnya kemampuan kita menurun dan malah memperburuk kinerja kita sehingga memperlambat proses bekerja atau bahkan menunda pekerjaan yang harusnya masih dapat kita kerjakan. Perhatikan kemampuan kita, jangan sampai kita berkerja overload sehingga berdampak stress atau bahkan sakit.
  

Dalam mengejakan suatu pekerjaan tidaklah harus terburu nafsu, menghabiskan seluruh kemampuan di awal pekerjaan. Seringkali saya memperhatikan beberapa rekan saya, bahkan saya sendiri melakukan kesalahan ini. Memulai sebuah pekerjaan dengan mengerahkan seluruh kemampuan, sehingga seringkali ditengah pekerjaan malah kemampuan yang semula luar biasa menjadi low quality. Perlu kita ingat bahwa pekerjaan bukan hanya awal dan akhir, tapi ditengahnya ada suatu hal yang tidak kalah penting dan bahkan sangat menentukan bagaimana kualitas akhir, yaitu ‘proses’. Maka perlu kita perhatikan bagaimana kita memanajemen waktu, kemampuan fokus, tenaga, dan konsentrasi kita, kemampuan fisik dan mental agar kinerja kita dapat tetap stabil seiring proses. Ingatlah untuk menghasilkan sebuah karya yang terbaik bukanlah dengan berkerja maksimal, tetapi dengan berkerja optimal, karena pekerjaan optimal akan selalu memberikan hasil terbaik dari apa yang kita bisa.

Untuk itu perlu kita pelajari kelebihan dan kekurangan yang kita miliki, lalu peluang serta resiko yang akan kita ambil. Manfaatkan kelebihan untuk menutupi kekurangan. Atur waktu dan sediakan waktu untuk rehat dan refreshing,. Mengatur waktu dengan mempertimbangkan besar dan harga peluang dibandingkan resiko yang akan kita ambil. Dengan mengetahui hal-hal tersebut tentunya kita dapat mengoptimalisasi pekerjaan kita. bekerjalah dengan santai, rapih, dan tetap fokus untuk mendapat hasil terbaik..





Artikel Terkait:

0 comments:

Poskan Komentar

Follow by Email

Cari Blog Ini