_____________________________

Selamat Datang di Zona Atmadilaga

"Setetes Tinta Mampu Melahirkan Sejuta Inspirasi"

Kamis, 24 November 2011

Tips Memilih Warna Interior Rumah dan Kantor

Kombinasi warna interior sebuah rumah ataupun kantor sangatlah berpengaruh pada penghuni rumah/kantor tersebut. warna ruangan akan mempengaruhi mood dan kesan bagi penghuninya. Warna cerah dan berkilau akan menambah semangat, sementara warna pastel akan membuat suasana tenang dan rileks. Beberapa warna dapat terlihat gelap ketika digunakan pada tembok di dalam gedung, namun warna yang sama juga bisa terlihat terang di luar ruangan. Maka sangatlah penting untuk memilih warna ruangan anda sesuai dengan karakter dan kesan yang dibutuhkan atau ingin anda tampilkan untuk memperoleh warna ruang yang indah, nyaman, dan menyenangkan. Ikutilah Tips-tips yang banyak ditawarkan banyak media. Sekarang ini sudah banyak majalah, siaran Tv maupun radio juga sarana internet yang banyak menyajikan Tips-tips dalam memilih warna untuk interior / ruang / kamar rumah anda.

Pentingnya warna tidak hanya sebatas penyesuaian warna terhadap eksterior atau kesan warna global. Pemilihan warna juga berpengaruh pada konsep rumah, fungsi ruangan, pencahayaan, kesan ruangan, mood, juga berfungsi sebagai pemisah ruangan.

Kombinasi warna interior yang baik akan menghasilkan pencahayaan yang baik, maka anda juga perlu mempertimbangkan pencahayaan ruang rumah atau ruang kerja anda agar memperoleh kombinasi warna dan pencahayaan yang baik. Kombinasi warna dengan pencahayaan yang baik akan menghasilkan kesan ruang yang luas dan tidak sempit. Warna yang saling menimpa satu sama lain akan semakin memberi kesan sempit pada ruangan rumah anda. Trik untuk mengatasi kesan ruang sempit sekarang ini umumnya banyak yang menghilangkan sekat antar ruangan dan dengan permainan warna mengantikan batas antar ruangan. Pemilihan warna ini juga sangatlah penting.

Banyak orang yang takut memainkan warna interior mereka dan lebih memilih untuk menggunakan warna yang umum sehingga warna interior rumah menjadi kaku dan kurang berwarna.

Untuk itu saya akan memberi beberapa tips memilih warna cat rumah anda.
berikut beberapa tips memilih warna cat rumah anda:
  1. Pelajari tata pewarnaan, kemudian berani mengkombinasikan warna, serta karakter dan efek-efek yang dimunculkannya.
  2. Cara paling mudah harus dilakukan adalah menentukan tema ruangan. Tema yang kuat akan memudahkan Anda memilih warna cat yang tepat. Misalnya, warna merah muda untuk kamar tidur feminin.
  3. Perbanyak mengunjungi tempat-tempat yang kaya akan variasi desain interior dan membaca buku dengan berbagai variasi ide desain. Sehingga banyak referensi desain yang didapat akan memudahkan untuk menata rumah Anda sendiri.
  4. Kenali dengan baik fungsi utama dari sebuah ruang. Pemilihan warna cat sebaiknya dapat memperkuat karakter ruang. Sebagai contoh, warna putih yang menunjang higienitas dapur.
  5. Pilihlah warna netral untuk ruang multifungsi, seperti ruang tamu. Selain nyaman untuk mata, warna netral seperti coklat krem, hitam, atau putih akan memudahkan Anda dalam memadu padankan warna.
  6. Apabila warna netral terlalu monoton, cara lain adalah menerapkan konsep warna monokromatik. Anda hanya harus memilih satu warna utama sebagai panduan menata ruang, mulai dari warna dinding hingga perabot.
  7. Untuk memudahkan anda dalam memilih warna cat rumah, coba anda buat simulasi kecil menggunakan oretan di kertas dengan menggambar rumah anda dan diwarnai. Untuk lebih baiknya bikin sketsa rumah menggunakan software desain rumah dan coba memilih warna yang sesuai pada dinding interior rumah anda.
  8. Jika ketujuh cara tersebut tak juga berhasil, tak ada salahnya mengaplikasikan warna favorit Anda ke dalam ruang rumah. Ikuti kata hati, dan jangan abaikan selera Anda.
Mengingat pentingnya warna, maka bila Anda berencana mengecat rumah dengan warna baru, ada baiknya Anda mengenal makna yang digambarkan dari warna tertentu.

Color Wheel / Roda Warna
Perhatikan gambar Color Wheel atau Roda Warna di atas, yang menggambarkan susunan warna. Warna yang terletak pada posisi yang langsung berlawanan pada Color Wheel satu dengan yang lain disebut warna yang saling melengkapi. Jika warna tersebut diletakkan berdampingan, maka akan menambah intensitas warna atau disebut sebagai warna yang berani.

Sedangkan untuk warna yang lebih konservatif dan bukan warna berani, maka pilihlah beberapa variasi terang dan gelap pada warna yang sama. Misalnya memilih hijau tua dan hijau muda. Warna jenis ini disebut sebagai warna monokromatik.

Pengaruh Warna Rumah

Berikut ini keterangan beberapa pilihan warna cat serta penjelasan makna dan pengaruhnya bagi suasana hati Anda:


  • Warna Merah: Menggambarkan energi penuh, aktif, hangat dan bersemangat. Warna merah secara berlebihan dapat memberikan kesan kemarahan dan ambisi.
  • Warna Kuning: Warna kuning mengingatkan dengan sinar matahari yang memberikan energi yang baik dan semangat. Sering disamakan dengan warna emas yang menggambarkan kemakmuran dan kemewahan. Dapat diaplikasikan dalam ruang kerja.
  • Warna Biru: Merupakan warna laut dan langit yang mengesankan ketenangan, kesunyian, kedamaian, kenyamanan dan perlindungan. Efek lainnya adalah memberi kesan lega dan luas. Cocok digunakan untuk kamar tidur.
  • Warna Orange: Memberi kesan ceria, hangat, bahagia, penuh energi dan membangkitkan semangat. Anda dapat memberi warna ini untuk ruang makan.
  • Warna Hijau: Warna yang sering dilihat dan menggambarkan alam. Efek dari warna ini adalah memberi suasana harmonis, teduh, santai, alami, menyejukkan, menyegarkan dan menenangkan. Ruang tidur cocok bila menggunakan warna ini.
  • Warna Coklat: Salah satu warna alam yang memberi kesan hangat, nyaman, alami, akrab dan ketenangan. Dapat digunakan untuk ruang tamu atau ruang keluarga. Coklat juga dapat digunakan pada ruangan yang terlalu besar agar tidak menimbulkan kesan dingin.
  • Warna Putih: Warna netral yang cocok diaplikasikan dengan warna apapun. Menggunakan warna ini umumnya menggambarkan kebersihan, kepolosan dan kemurnian. Penggunaanya pada ruangan akan memberikan kesan lebih besar pada ruangan. Bila berlebihan akan menggambarkan steril dan dingin. Jika Anda memiliki dapur modern, warna ini juga cocok untuk menunjukkan kebersihan dapur Anda.
  • Warna Abu-abu: Biasa digunakan untuk rumah bergaya minimalis. Membuat suasana stabil, luas, menentramkan. Terlalu banyak menggunakan warna ini akan membuat suasana dingin dan luas secara berlebihan.
  • Warna Hitam: Warna yang memberi suasana penuh perlindungan, gagah, megah, dan elegan.

Mengubah suasana juga bisa dilakukan tanpa harus mengecat rumah secara keseluruhan. Anda dapat menata ulang interior ruangan. Ini juga cocok untuk Anda yang tidak ingin mengecat rumah atau masih takut dalam mengaplikasikan warna. Misalnya, dengan tetap membiarkan dinding dengan warna netral dan warna-warna dapat diaplikasikan pada lampu meja, karpet, gorden, sofa, sprei, meja, cover cushion bantal sofa, atau pada pajangan yang diletakkan dalam ruangan. Warna-warna dari perabot rumah tangga ini yang selanjutnya akan memberi warna pada ruangan.

Anda dapat juga menggunakan warna turunan sehingga dapat diaplikasikan lebih dari satu warna dalam ruangan. Warna ruangan dapat pula berbeda-beda tetapi harus ada penghubung sehingga rumah tetap terasa sebagai satu kesatuan. Kini, Anda dapat mengekspresikan diri secara bebas saat melakukan renovasi rumah Anda.

Sumber : Berbagai Sumber


Artikel Terkait:

3 comments:

kalau saya pilih warna hijau bagus gak ya..terima kasih mas bro atas postigannya. salam kenal ya.

Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

terima kasih gan atas tips memilih warnanya, sangat bermanfaat. salam kenal dan salam juga buat rekan2 gan.

Poskan Komentar

Follow by Email

Cari Blog Ini

Memuat...