Selamat Datang di Zona Atmadilaga

"Setetes Tinta Mampu Melahirkan Sejuta Inspirasi"

Rabu, 23 November 2011

Konsep Dasar Rumah Minimalis

Konsep Rumah minimalis sangat sangat diminati belakangan ini. Orang yang lebih mementingkan hal esensial dan fungsional, akan cenderung memilih rumah minimalis.
Pengertian gaya arsitektur minimalis sendiri adalah gaya yang menampilkan elemen seperlunya, sesimpel mungkin namun elegan.
Ciri utama desain rumah minimalis adalah kepolosan, dengan tidak menambahkan profil, ornamen serta unsur-unsur dekoratif maupun garis-garis lengkung. Biasanya rumah ini tampil lebih clean dan terlihat Modern.

Berikut Konsep Dasar Rumah Minimalis

Karakter yang Jelas dan Kokoh
Konsep rumah minimalis bertujuan untuk meningkatkan nilai suatu ruang keseluruhan untuk eksterior dan interior dengan mengurangi segala sesuatu yang berlebih di dalam ruang tersebut. Konsep minimalis diterapkan dalam semua aspek termasuk arsitektur bangunan rumah, interior ruang, dan eksterior taman.
Rumah minimalis menunjukkan karakter lebih jelas (bentuk dan ruang geometris, sederhana), lebih baik (kokoh), dan lebih kuat dengan ruang- ruang yang kosong (sedikit ornamen dan perabotan).
Prinsipnya semakin sederhana, maka kualitas desain, ruang yang ada, dan penyelesaian bidang struktur harus semakin lebih baik.

Minim Aksesoris Serta Pencahayaan dan Sirkkulasi Udara Maksimal
Rumah minimalis tidak memakai banyak ornamen dekoratif, pernak-pernik aksesori. Karakter dan kualitas ruang-ruang tercipta dan ditentukan oleh keberadaan ruang itu sendiri, bukan oleh perabot dan pernak-pernik aksesori didalamnya.

Dengan meminimalkan penyekatan dinding ruangan lebih terbuka, sehingga ruang terasa lega sesuai kebutuhan utama penghuni, mengoptimalkan sirkulasi udara segar yang sehat, dan pencahayaan sinar matahari yang melimpah.
Penataan cahaya lampu yang cermat dan berseni (lampu sorot, lampu tanam, lampu gantung, lampu taman) membuat rumah model ini tampak lebih artistik di malam hari.
Rumah minimalis jelas akan terasa nyaman untuk ditinggali bagi masyarakat urban yang serba praktis, fungsional, ringan, hemat, dan efisien, karena minimalis adalah pengejawantahan gaya hidup mereka, sesuai dengan kebutuhan fungsi mereka. Simbol gaya hidup metropolis. Sebuah cara hidup sederhana secara total.


Sumber: www.anneahira.com

Artikel Terkait:

0 comments:

Poskan Komentar

Follow by Email

Cari Blog Ini

Memuat...