Selamat Datang di Zona Atmadilaga

"Setetes Tinta Mampu Melahirkan Sejuta Inspirasi"

Rabu, 23 November 2011

Tips Membangun Rumah Idaman Menarik dan Elegan Murah dan Tidak Murahan

Ingin membangun rumah yang bagus, menarik, dan nyaman dengan biaya murah, Bagaimana caranya?? Banyak sekali cara yang ditawarkan di era modern ini. Banyak orang yang kesulitan memperoleh rumah idaman mereka karena tersandung masalah finansial. Hal ini banyak dialami oleh para ekonomi kelas menengah kebawah dan pasangan muda yang baru menikah. Belakangan ini banyak perusahaan developer yang menawarkan perumahan dengan harga yang murah. Namun hati – hati dalam memilih rumah yang terkesan bagus dengan harga murah karena banyak rumah murah karena konstruksinya yang sangat minim. Belum lama ini saya banyak menemukan perumahan murah yang menyajikan rumah dengan konstruksi yang di bawah standar. Misalnya, Rumah yang tanpa pondasi namun hanya menggunakan rolakan batu bata, dan atau rumah yang tanpa adanya kolom struktur/kolom praktis sama sekali, Kuda – kuda dengan kualitas kayu di bawah standar, dll. Maka sekali lagi saya sarankan dalam memilih rumah untuk memperhatikan struktur rumah tersebut.


Untuk memiliki rumah idaman yang murah namun tetap menarik dan nyaman ada banyak cara. Bisa dengan membeli rumah second dengan harga murah lalu merenovasinya. Anda dapat memperindahnya dengan menambahkan profil-profil seperti list, batu alam, maupun permainan warna. Dengan cara ini anda dapat memiliki rumah yang menarik dan nyaman dengan harga yang lebih murah, bahkan anda dapat menjualnya lagi dengan harga yang lebih tinggi dari nilai beli + renovasi (jika anda ingi menjualnya kembali). Atau dengan membangun rumah idaman anda sendiri, dengan cara ini anda dapat mengatur sendiri denah dan gaya rumah sesuai selera anda sendiri.

Jika anda berniat membangun rumah sendiri yang aman, nyaman, dan ekonomis/murah, berikut beberapa tips dari saya :

• Perancangan denah
  1. Denah sangat berpengaruh pada biaya konstruksi. Jika ingin membuat denah rumah yang ekonomis sebaiknya perhatikan kebutuhan ruang yang diingin kan dan mengaturnya agar seoptimal mungkin menurut fungsi ruangan, Hal ini dapat dilakukan dengan cara :
  2. mengabungkan dua atau lebih ruangan yang mungkin, misalkan mengabungkan ruang keluarga dan ruang tamu, mengabungkan ruang makan dan dapur, atau menggabungkan ruang makan, dapur dan ruang keluarga. Keuntungan dari hal ini adalah anda dapat memperoleh kesan rumah yang luas dan juga pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik. Selain itu dalam segi ekonomi anda sudah mengurangi biaya sekat bangunan.
  3. Meminimalisir kelokan ruangan dalam artian membuat denah ruangan dengan tembok yang menerus. Hal ini dapat mengurangi kebutuhan beton kolom praktis dan juga menghemat waktu pelaksanaan yang berarti kita telah menghemat biaya tukang.



• Perencanaan Struktur

Perencanaan struktur sangatlah berpengaruh pada biaya konstruksi. Rencanakanlah kedalaman dan lebar pondasi sesuai kebutuhan, jika lahan yang akan anda bangun memiliki struktur tanah keras maka anda tidak perlu membuat pondasi yang terlalu dalam atau lebar (Pondasi Rumah Tinggal). Perencanaan kanopi atau topi-topi beton, Jika bentang konsolnya tidak terlalu panjang anda dapat menggunakan wiremesh (jaring-jaring kawat), tidak perlu menggunakan besi tulangan. Juga anda perlu memperhatikan bagian mana saja yang memerlukan balok struktur.

Disamping itu anda juga perlu memperhatikan proporsi adukan, Gunakanlah proporsi adukan yang bijak sesuai kebutuhan, jangan terlalu boros pada material.

• Pemilihan material

Pemilihan material haruslah hati-hati jika anda ingin memiliki rumah yang murah tapi tetap aman dan menarik, pilihlah material yang murah tetapi aman. Misalkan dalam memilih kayu, carilah kayu lokal yang memiliki kelas kuat kayu yang baik, klik disini jika anda ingin melihat daftar kayu di Indonesia berdasarkan daerah lokal dan kelas kuat serta kelas awetnya.

Dalam menentukan jenis kusen juga anda perlu mempertimbangkan kebutuhan anda. Misalkan kusen berbahan aluminium tentu lebih awet, aman dari kembang susut dan lebih murah, namun anda perlu menmperhitungkan juga bahwa jika anda menggunakan kusen berbahan aluminium maka anda harus menambahkan balok latei diatas kusen anda tersebut karena kusen berbahan aluminium tidak mampu menahan beban bata diatasnya. Sekarang juga sudah banyak kusen yang mengunakan adukan semen yang dibentuk seperti kusen. Ini lebih murah dan kuat, juga tidak kalah menariknya dengan kusen berbahan kayu.

Pemilihan bahan Penutup Atap
Anda dapat menggunakan Asbes sebagai alternative penutup atap. Penggunaan asbes dapat menghemat biaya konstruksi karena anda dapat menghemat bahan kayu yang digunakan. Jika asbes dipandang kurang menarik dilihat anda dapat memainkan tembok talang, Gunakan kemiringan atap landai dan tinggikan tembok hingga menutupi asbes.


• Permainan Profil

Agar rumah tampil lebih menarik anda bisa mengunakan permainan profil pada muka rumah anda. Nada dapat menggunakan pasangan batu alam untuk mempercantik tampilan rumah anda. Namun jika anda keberatan karena dinilai mahal, anda dapat mengunakan permainan acian, seprti kaprotan atau banyak permainan acian lainya agar tampak depan rumah anda tidak Nampak monoton. Atau alternatif lain anda dapat menggunakan plesteran tanpa acian pada bagian-bagian tertentu, gunakan adukan yang agak kental agar tidak mudah terkelupas dan berlumut. Permainan ini memberi kesan batu alam pada rumah anda tanpa menggunakan batu alam. Sehingga rumah anda bisa tetap tampil elegan dengan biaya yang murah.

Jika anda menggunakan list profil pada muka rumah anda ada baiknya anda menggunakan profil cetakan yang dijual dipasaran, selain lebih hemat waktu jika dihitung total biaya tukang + material penggunaan list profil cetakan jadi ternyata lebih murah. 

• Pagar

Jika anda menginginkan pagar yang murah dan menarik cobalah anda menggunakan permainan pasangan batu bata dan roster. Anda bisa memainkan profil muka atau kombinasi batu alam, juga dapat dikombinasikan dengan sedikit pagar teralis ukuran roster. Pagar berbahan ini jauh lebih murah dibandingkan dengan pagar teralis yang harga per meternya cendrung mahal.

 

• Perencanaan Anggaran

Jika anda sudah menyusun rencana di atas selanjutnya susunlah rencana anggaran anda, sesuaikan dengan anggaran yang anda miliki, Sehingga anda dapat memantau anggaran yang akan anda keluarkan dan tidak lelampaui anggaran anda. 

• Pemilihan tukang yang terampil

Membangun rumah dengan biaya murah tidak berarti harus mencari tukang yang murahan. Boleh saja menggunakan tukang yang murah asalkan terampil. Carilah tukang yang sudah berpengalaman dengan baik atau lebih bagus jika anda sudah pernah melihat hasil kerja mereka. Sia-sia jika anda merencanakan anggaran murah namun tukang tidak terampil dan malah boros dalam hal waktu dan atau material. Dan anda juga pasti kecewa jika anda sudah membayangkan rumah yang menarik namun ternyata karena tukang yang payah hasilnya rumah anda tampak tidak rapih, sponengan yang bergelombang, tempok yang tidak lurus, keretakan tembok, kusen yang tidak sejajar dan lain sebagainya. Wah mengerikan membayangkannya. Keterampilan tukang, Kecepatan Tukang, Kerapihan Tukan, dan Efisiensi tukang dalam berkerja itu salah satu yang sangat penting. Maka pilihlah tukang berkualitas, jangan terlalu pelit dalam hal ini, namun anda juga perlu melihat kewajaran harga mereka agar anggaran tetap terkontrol.

• Kontrol pelaksanaan pembangunan

Selama proses pelaksanaan konstruksi jang lepas control anda. Banyak tukang yang nakal memainkan spek bangunan atau kerja asal-asalan, tegaslah dalam hal ini, jika perlu berhentikan jika ada tukang yang bekerja dibawah standar.
Disamping itu anda juga perlu memperhatikan material, jangan ada keterlambatan material atau material boros yang malah tidak terpakai karena hal ini dapat menyebabkan pembengkakan biaya.

• Menggunakan jasa arsitek dan atau kontraktor/pemborong

Jika anda masih ragu dalam mendesain rumah anda sendiri. Cobalah gunakan jasa arsitek yang anda nilai berkompeten. Mereka dapat membantu anda mendesain rumah anda sesuai anggaran yang anda miliki dan tentunya terkesan menarik, murah tetapi tidak murahan, bahkan memiliki nilai jual yang tinggi. Dan atau anda juga dapat memakai jasa kontraktor/pemborong dalam pelaksanaan, sehingga anda tidak perlu merisaukan anggaran yang membludak karena control yang salah. Namun tetap perlu anda pantau dan awasi karena selalu ada kontaktor yang ‘nakal’ jika tidak anda awasi.

Sekian Tips dari saya, semoga bermanfaat dan dapt menjadi inspirasi bagi anda.


Artikel Terkait:

1 comments:

terima kasih sangat detail sekali informasinya dan juga sangat menarik info yang sudah di berikan.


oya mohon maaf ya gan sebelumnya, ane mau numpang share beberapa info barangkali ada yang lagi nyari rumah, bisa cek beberapa link di bawah ini hehehe

Perumahan Baru
rumah dijual di cibubur
rumah dijual di surabaya timur
rumah dijual disurabaya

Poskan Komentar

Follow by Email

Cari Blog Ini