Selamat Datang di Zona Atmadilaga

"Setetes Tinta Mampu Melahirkan Sejuta Inspirasi"

Rabu, 24 Oktober 2012

SEKILAS INFO "RUMAH CLUSTER"

Beberapa tahun ini banyak sekali diperbincangkan mengenai rumah cluster dan tidak dapat dipungkiri sekarang rumah bergaya cluster ini sangat diminati oleh masyarakat terutama masyarakat di kota-kota besar.

Namun sebelum bicara lebih lanjut, apa yang dimaksud rumah cluster itu sendiri?Rumah cluster adalah sejumlah rumah yang berada dalam suatu lingkungan yang dibatasi oleh pagar yang tinggi dengan sistim pengamanan yang baik, misalnya tesedia pos satpam dan untuk di dalam lingkungannya sendiri didesain masing-masing rumah yg tanpa pagar. Cluster merupakan konsep perumahan tertutup (cluster) yang hanya menggunakan satu akses (gate) untuk keluar dan masuk. Penerapan satu akses ini memungkinkan semua mobilitas yang terjadi di dalam cluster tersebut dapat dipantau oleh petugas keamanan.

Konsep perumahan seperti ini dinilai pengembang dan konsumen lebih aman. Terbukti pada saat kerusuhan 1998 terjadi, perumahan dengan sistem cluster nyaris tak tersentuh para perusuh dan penjarah. Inilah yang kemudian membuat sistem cluster banyak diminati konsumen menengah, karena dinilai lebih memberi rasa aman.

Mengapa trend rumah cluster ini berkembang sangat pesat? Pertimbangannya adalah :

  1. Biasanya lokasi rumah cluster ini berada di pusat kota ataupun pusat kegiatan bisnis atau kerja, dan ini sangat menolong mobilitas masyarakat karena kemacetan lalu lintas terjadi di hampir seluruh penjuru kota-kota besar. 
  2. Lokasi rumah cluster ini biasanya berada di area lokasi hunian yang sedang berkembang pesat sehingga sangat baik bagi para investor ataupun end user untuk menanamkan dananya di properti jenis ini. 
  3. Penghuni cluster secara psikologis merasakan bahwa tinggal di rumah cluster ini memiliki gengsi yang lebih tinggi dibanding dengan rumah di komplek perumahan pada umumnya.. 
  4. Logika berpikir bahwa membeli rumah langsung di atas tanah (landed house) lebih berharga daripada menanam investasi dalam bentuk bangunan seperti kepemilikan apartemen. 
  5. Percaya atau tidak rumah cluster ini mengakomodasi "niche market" penghuni rumah yang butuh gengsi seperti di apartemen tapi tidak nyaman tinggal di hunian yang berada di ketinggian. 


Trend hunian cluster saat ini masih sangat diminati. Hampir semua investor properti di kota kota besar seperti jakarta bogor, bekasi dan tengerang, maupun kota di luar jabodetabek masih mengidolakan perumahan jenis cluster. Jawabannya tentu karena permintaan lebih banyak dan banyak peminat tentunya. Tetapi sebelum membeli anda harus tahu dan mempertimbangkan mengenai kekurangan maupun kelebihannya. Memang banyak orang menganggap privasi dari rumah cluster lebih terjaga tapi ada sisi lain yang juga wajib untuk diperhatikan oleh calon pembeli.

Berikut beberapa Kelebihan Perumahan bertipe Cluster

  1. Privasi lebih terjaga. 
  2. Berkelas karena biasanya kasta akan lebih tinggi ketimbang perumahan biasa. 
  3. Keamanan lebih terjaga karena memberikan pengamanan yang lebih baik dan tertutup untuk umum. 
  4. Keakraban antar penghuni lebih terjaga karena jumlah yang tidak terlalu banyak. 
  5. Taman rumah jenis cluster biasanya lebih luas. 
  6. Aman untuk bermain anak-anak kaena biasanya halaman tidak begitu ramai. 
  7. Tingkat polusi udara lebih sedikit karena tertutup untuk umum. 


Kekurangan rumah jenis cluster :
  1. Harga dipatok sangat mahal. 
  2. Ada biaya lain selain PAM dan PLN yang dibebankan yaitu biaya keamanan (di setiap pengembang berbeda) 
  3. Jika ada rekan atau sahabat ingin datang agak ribet karena musti lapor-lapor


Artikel Terkait:

0 comments:

Poskan Komentar

Follow by Email

Cari Blog Ini